Senin, 02 April 2012

Produk Asuransi Kesehatan Indonesia


Asuransi kesehatan di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang, namun masih banyak yang meragukan manfaat dan kemudahan yang akan diperoleh dari produk asuransi kesehatan ini.

Mungkin kita termasuk salah satunya,  Nah, disini kita akan membahas seberapa pentingnya Produk asuransi kesehatan bagi kita dan tips2 menarik apa saja dalam memilih produk asuransi kesehatan.

Pentingnya Produk Asuransi Kesehatan

Produk Asuransi Kesehatan sangat penting bila kita mau memikirkan tentang masa depan, manfaatnya memang tidak bisa dirasakan secara langsung, akan tetapi baru bisa dirasakan manfaatnya  ketika terjadi klaim atau musibah terjadi. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan kita, mengapa kita perlu memiliki produk asuransi:
a.    Perlindungan atas aset dan jiwa
Pernahkah terlintas di benak kita, apa yang akan terjadi apabila musibah dan penyakit datang tiba-tiba dan kita terpaksa dirawat di rumah sakit? kejadian terburuk bila sampai mengalami cacat total atau sampai mengalami kematian. Selain kita harus menanggung biaya pengobatan hingga tabungan terkuras habis, kita juga tidak bisa bekerja, Sebaliknya bukankah akan sangat membantu bila kita telah memiliki asuransi kesehatan yang bisa membantu kita untuk membayar biaya pengobatan?
b.    Biaya kesehatan seperti biaya dokter, perawatan rumah sakit, obat-obatan yang makin mahal
Asuransi jiwa selain untuk melindungi jiwa dan melindungi asset pendanaan kita di masa yang akan datang, juga penting untuk mengantisipasi harga obat-obatan yang makin mahal, terutama untuk penyakit-penyakit tertentu yang masih  sulit untuk diobati seperti kanker. Bila memiliki dana cukup mungkin tak jadi masalah, akan tetapi bila tak ada dana, maka biaya perawatan kesehatan dapat mengganggu keuangan rumah tangga dan bisa dipastikan tujuan keuangan yang lain tidak akan tercapai.

Tips memilih produk asuransi kesehatan

Di Indonesia sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan Produk Asuransi Kesehatan, jadi kita sebagai calon nasabah hendaknya berhati-hati dan teliti dalam memilih produk asuransi kesehatan yang ditawarkan agar dapat memperoleh manfaat serta hasil maksimal dari asuransi kesehatan yang dipilih. Berikut ini tips dalam memilih produk asuransi kesehatan :
a.    Pilih produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi yang sudah terpercaya. Hal ini bisa kita lihat dari award- award yang diterima, karena dengan sertifikasi ini sudah jelas menunjukkan bahwa asuransi tersebut handal, terpercaya dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani klaim nasabahnya.
b.    Pelajari sistem Klaim dan pertanggungannya.
c.  Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai Produk Asuransi Kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang akan kita pilih dan bandingkan dengan produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi lain sebagai alternatif.
d.  Mintalah testimony dari orang yang sudah pernah menggunakan Produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi tersebut. Ini penting karena pengalaman rekan/keluarga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan.
e.    Pilihlah Produk Asuransi Kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kita,  hal ini perlu diperhatikan karena layanan asuransi kesehatan sekarang amat bervariasi. Di samping menawarkan jaminan pembiayaan sewaktu sakit, ada pula Produk asuransi kesehatan yang mengkombinasikannya dengan layanan tertentu. Misalnya, premi yang dibayarkan sebagian akan diberlakukan sebagai tabungan atau investasi. Sudah tentu tawaran ini menarik. Namun biasanya premi asuransi yang ditawarkan juga akan lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar