Minggu, 03 Juni 2012

Sistem Klaim Produk Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan
Sistem Klaim Produk asuransi kesehatan - Dalam memilih produk asuransi kesehatan kita sebagai calon peserta asuransi kesehatan harus melihat sistem pembayaran klaim dari asuransi kesehatan, agar memperoleh jaminan asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi, yaitu Reimburse, Cashless, dan Santunan.

Fasilitas klaim produk Asuransi kesehatan dengan sistem reimburse artinya adalah peserta asuransi kesehatan harus membayar terlebih dahulu biaya medis dari kantong pribadinya, baru kemudian ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran dari pihak rumah sakit.

Sedangkan Klaim produk asuransi kesehatan dengan sistem cashless adalah, kita cukup menunjukkan kartu peserta asuransi ke rumah sakit rekananan perusahaan asuransi dimana kita menjadi membernya, untuk selanjutnya kasir rumahsakit akan menghubungi perusahaan asuransi kesehatan yang bersangkutan. Akan tetapi biasanya premi asuransi dengan system cashless sedikit lebih mahal dari sistem reimburse.

Sementara itu dengan sistem klaim santunan adalah perusahaan asuransi indonesia akan memberikan santunan harian selama anda dirawat di rumah sakit, contoh sistem santunan ini adalah, misalnya anda mengambil asuransi kesehatan dengan santunan harian Rp 200.000, maka jika Anda dirawat selama 5 hari, anda akan dapat dana santunan sebesar Rp 200.000 x 5 hari = Rp 1000.000, tanpa melihat berapa tagihan rumah sakit yang anda keluarkan.

Jadi, kita sebagai calon peserta asuransi kesehatan sangat penting untuk mencari tahu terlebih dulu jenis asuransi dan bagaimana sistem klaim perusahaan asuransi kesehatan yang akan kita ambil, apakah memakai sistem reimburse, cashless atau santunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar