Minggu, 22 April 2012

Apakah Asuransi Pendidikan Penting?

Apakah Asuransi Pendidikan Penting - Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, menurut Asumsi dasar teori Human Capital dengan pendidikan seseorang dapat meningkatkan penghasilannya melalui peningkatan pendidikan.  Harapan setiap orang tua kepada anaknya adalah agar anaknya bisa memperoleh kehidupan yang baik di masa depan, hal ini di wujudkan dengan menyekolahkan anaknya setinggi mungkin.
 
Jenjang pendidikan yang harus dilewati mulai dari SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia rata-rata kenaikan biaya pendidikan bisa mencapai 15%  sampai dengan 20 %. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan 10 tahun mendatang bila saat ini biaya masuk perguruan tinggi negeri saja telah mencapai 50 juta.
 
Oleh karena itu diperlukan perencanaan keuangan yang baik agar tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud. Salah satu perencanaan untuk mengelola keuangan tersebut adalah dengan ASURANSI PENDIDIKAN. Jadi apakah itu asuransi pendidikan?
 
Pengertian Asuransi Pendidikan
Asuransi Pendidikan adalah  salah satu jenis produk dari asuransi jiwa yang memberikan nilai pengembalian tunai dari setoran premi nasabah, pada waktu-waktu yang telah disepakati dan disetujui oleh nasabah dan pihak asuransi dalam polis asuransi.
 
Asuransi pendidikan penting untuk dimiliki karena manfaatnya yang memberikan jaminan untuk tercapainya rencana masa depan walaupun ada resiko kehidupan yang mengintai sumber utama aliran dana, dalam hal ini adalah sang pencari nafkah utama.
 
Asuransi pendidikan mempunyai dua manfaat bagi pendidikan anak,  yaitu manfaat proteksi dan investasi jangka panjang. Memberikan manfaat proteksi dengan menanggung resiko kematian atas tertanggung sebagai sumber nafkah utama dengan  menjanjikan sejumlah uang tertentu jika meninggal dunia. Uang pertanggungan yang diberikan tersebut disesuaikan dengan biaya pendidikan anak yang sudah disepakati dalam polis.  Dalam makalah asuransi diterangkan juga, Asuransi pendidikan juga memiliki manfaat investasi dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang kita bayarkan. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarnya sudah disepakati dalam polis dan waktu pembayarannya juga dijadwal dalam polis agar sesuai dengan waktu sekolah anak.

commonwealth life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar