Senin, 02 April 2012

Bagaimana Memilih Asuransi Pendidikan Yang Tepat?

Bagaimana Memilih Asuransi Pendidikan Yang Tepat - Asuransi pendidikan Adalah asuransi yang memberikan dua fungsi sekaligus atau biasa disebut asuransi dwiguna yaitu sebagai fungsi proteksi dan fungsi investasi. Asuransi Pendidikan memberikan fungsi proteksi dengan menanggung resiko kematian atas anda, yaitu menjanjikan sejumlah uang tertentu jika anda sebagai tertanggung meninggal dunia. Biasanya uang pertanggungan yang diberikan ini disesuaikan dengan biaya pendidikan anak anda yang sudah disepakati dalam polis asuransi .

Asuransi Pendidikan ini juga berfungsi sebagai investasi dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarnya telah disepakati dalam polis dan waktu pembayarannya pun juga dijadwal dalam polis, hal ini agar sesuai dengan waktu sekolah anak.

Mengapa Asuransi Pendidikan penting untuk dimiliki oleh anak anda? hal ini mengingat bahwa inflasi rata-rata di indonesia dalam kurun waktu 15 tahun terakhir adalah 12%-15%, sedangkan kenaikan biaya pendidikan real lebih tinggi berkisar antara 20%-25%, dapat dibayangkan dana yang dibutuhkan para orang tua untuk mengirimkan anaknya kuliah kelak bisa mencapai milyaran rupiah.

Asuransi Pendidikan

Dalam memilih Asuransi Pendidikan sebaiknya kita memahami pengertian asuransi dan perhatikan hal-hal berikut ini

1. Kemana anak anda akan disekolahkan

2. Berapa besar biaya pendidikan tersebut saat ini dan coba bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan kelak dengan menggunakan metode time value for money ( nilai uang terhadap waktu) .

3. Hitung berapa besar premi yang harus dibayarkan dan bandingkan dengan nilai tabungan pendidikan yang dapat ditarik ketika masa penarikan tiba. Nah dari situ dapat kita lihat apakah dana yang akan diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

4. Seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa ditarik. Karena banyak dari tahapan biaya pendidikan tidak bisa ditarik kecuali pada tahun-tahun yang telah ditentukan dalam polis seperti tahun ke 7 untuk masuk SD, tahun ke 12 untuk masuk SMP dan seterusnya.

Dengan memiliki makalah asuransi program Asuransi Pendidikan yang tepat, anda dapat mempersiapkan semua biaya kebutuhan pendidikan anak anda sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar